Selasa, 27 Maret 2012

Pengertian Karya Ilmiah


Karya ilmiah adalah suatu karya dalam bidang ilmu pengetahuan (science) dan teknologi yang berbentuk ilmiah. Suatu karya dapat dikatakan ilmiah apabila proses perwujudannya lewat metode ilmiah. Jonnes (1960) memberikan ketentuan ilmiah, antara lain dengan sifat fakta ayang disajikan dan metode penulisannya.
Bila fakta yang disajikan berupa fakta umum yang obyektif dan dapat dibuktikan benar tidaknya serta ditulis secara ilmiah, yaitu menurut prosedur penulisan ilmiah, maka karya tulis tersebut dapat dikategorikan karya ilmiah, sedangkan bilamana fakta yang sisajikan berupa fakta pribadi yang subyektif dan tidak dapat dibuktikan benar tidaknya serta tidak ditulis secara ilmiah, karya tulis tersebut termasuk karya tulis non ilmiah.Bentuk Karta Ilmiah
Dalam karya ilmiah dikenal antara lain berbentuk makalah, report atau laporan ilmiah yang dibukukan, dan buku ilmiah.
  1. Karya Ilmiah Berbentuk Makalah.
    Makalah pada umumnya disusun untuk penulisan didalam publikasi ilmiah, misalnya journal ilmu pengetahuan, proceeding untu seminar buletin, atau majalah ilmu pengetahuan dan sebagainya. Maka cirri pokok makalah adalah singkat, hanya pokok-pokok saja dan tanpa daftar isi.
  2. Karya Ilmiah Berbentuk Report/Laporan Ilmiah Yang Dibukukan
    Karya ilmiah jenis ini biasanya ditulis untuk melaporkan hasil-hasil penelitian, observasi, atau survai yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok orang.
    Report ilmiah yang menjadi persyaratan akademis diperguruan tinggi biasanya disebut skripsi, yang biasanya dijadikan persyaratan untuk karya ilmiah jenjang SI, tesis untuk jenjeng S2 dan disertai untuk jenjang  S3.
  3. Buku Ilmiah
    Buku ilmiah adalah karya ilmiah yang tersusun dan cetak dalam bentuk buku oleh sebuah penerbit buku umum untuk dijual secara komrsial di pasaran. Buku ilmiah dapat berisi pelajaran khusus sampai-sampai ilmu pengetahuan umum yang lain.


Artikel ini disalin dari : http://blog.tp.ac.id/pengertian-karya-ilmiah#ixzz1qJmeUyDm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar